>
anda sedang membaca...
Info

KANTOR BUPATI DAN KPU BIMA DIBAKAR

Kantor Bupati Bima, Nusa Tenggara Barat, dibakar dalam aksi protes pada Kamis (26/1/2012). Puluhan ribu warga yang berasal dari Kecamatan Lambu, Sape, Wera, Ambalawi dan Langudu mendatangi Bupati Ferry Zulfikar untuk mendesak agar izin pertambangan yang menjadi sumber masalah, dicabut selamanya, dan mendesak pembebasan 35 orang yang ditangkap dalam represi di pelabuhan Sape Desember 2011 lalu.

Warga yang menumpang 26 truk, 68 mobil bak terbuka jenis pick up serta 500 sepeda motor datang dari arah timur kota Bima. Aksi puluhan ribu warga itu pada awalnya untuk menduduki kantor Bupati Bima untuk mendesak Ferry Zulfikar meneken surat pencabutan izin pertambangan. Namun warga mulai marah, ketika kedatangan mereka justru dihadang aparat kepolisian dan Polisi Pamong Praja. Semenjak pagi, kantor tersebut juga terlihat kosong mendengar rencana aksi besar-besaran hari ini. Warga yang merasa tidak lagi dihiraukan langsung mendobrak gerbang kantor Bupati dan menerobos masuk.

Kemarahan yang sudah tidak bisa tertahan selama bertahun-tahun akhirnya tumpah. Kantor Bupati yang terletak di Jalan Sukarno ini dibakar.

Aksi hari Kamis ini merupakan rangkaian dari protes-protes sebelumnya. Dalam aksi sebelumnya, warga memblokir jalan dan memberikan ultimatum kepada pemerintah dan aparat untuk memenuhi tuntutan pencabutan izin tambang dan pembebasan 35 orang warga Lambu dan Sape.

Dalam protes dan pemblokadean jalan sebelumnya, warga memberikan waktu 5 (lima) hari kepada pihak-pihak terkait. Tanggal 24 Januari kemarin adalah batas ultimatum warga kepada pemerintah dan aparat. Dengan berakhirnya batas waktu tersebut, dan tidak adanya tanda-tanda dipenuhinya tuntutan tersebut, warga akhirnya mengambil tindakan.

Para pemrotes berhasil melewati pagar kawat berduri yang terpasang. Mereka lalu berkerumun masuk ke dalam kantor, membanting meja, kursi dan perabotan lain, dan melemparnya keluar jendela. Kantor tersebut akhirnya terbakar dengan hebat dan api juga melahap gedung-gedung di sekitarnya.

Pembebasan Paksa Tahanan

Setelah gedung Kantor Bupati terbakar, warga meninggalkan lokasi dan beranjak menuju penjara Rumah Tahanan Raba, Bima, untuk membebaskan paksa 53 orang yang ditahan sejak peristiwa Sape. Besarnya jumlah orang yang mendatangi penjara Raba yang meminta rekan mereka dilepas saat itu juga, membuat petugas penjara tidak berkutik. Warga mengancam jika rekan mereka tidak dilepas, penjara tersebut akan dibakar.

Advertisements

About barawera

Usir Tambang Pasir Besi di Wera!

Discussion

One thought on “KANTOR BUPATI DAN KPU BIMA DIBAKAR

  1. tak ada lagi kata damai untuk setiap penghisapan!
    tak ada lagi aksi damai dengan kondisi yang tidak baik-baik saja!
    karena pembunuhan, perampasan tak bisa DIMEDIASI!!!
    panjang umur insureksi!!!

    Posted by herman | January 27, 2012, 8:16 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: